Makalah : Pohon Pintar APE Guru Berprestasi
2/25/2016
MAKALAH
POHON PINTAR APE GURU BERPRESTASI
Oleh : Suprihatin, S.Pd.I, S.PAUD
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
Segala puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan
rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga terselesaikannya makalah ini. Tidak
lupa sholawat dan salam kami sampaikan kepada nabi besar kita Muhammad SAW
beserta kaum kerabat, dan pengikutnya yang setia sampai akhir zaman. Amiin
Tidak lupa penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah
membantu dalam penyelesaian makalah
karya inovatif ini, diantaranya:
1.
Kepala
Seksi Madrasah Kabupaten Banjarnegara
2.
Pengawas
RA/MI Kecamatan Punggelan
3.
Kepala RA
Al Fatah 2 Danakerta
4.
Semua
Guru RA Al Fatah 2 Danakerta
5.
Serta
semua pihak yang terlibat dalam membantu penulis menyelesaikan makalah karya
inovatif ini.
Penulis menyadari bahwa makalah karya inovatif ini masih jauh dari
sempurna, maka kritik dan saran demi baiknya makalah ini sangat penulis
harapkan. Semoga makalah karya inovatif
ini dapat memberikan manfaat sekaligus meningkatkan mutu pendidikan khususnya
di Raudhatul Athfal (RA).
Punggelan, 17 Mei 2013
Suprihatin
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ............................................................................... i
LEMBAR PERNYATAAN..................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................... iii
LEMBAR PERNYATAAN PETUGAS PERPUSTAKAAN................ iv
KATA PENGANTAR ............................................................................. v
DAFTAR ISI ............................................................................................ vi
A.
Latar
Belakang Masalah ................................................................ 1
B.
Sasaran.............................................................................................. 2
C.
Manfaat
............................................................................................ 2
D.
Bahan
dan Alat ................................................................................ 4
E.
Tujuan
dan Cara Menggunakan .................................................... 5
F.
Kesimpulan
dan Saran ................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................. 7
LAMPIRAN ............................................................................................. 8
ALAT
PERMAINAN EDUKATIF POHON PINTAR
UNTUK
MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
A.
Latar
Belakang
Kehidupan
anak selalu dekat dengan dunia bermain sejak bangun tidur sampai tidur kembali
anak hanya ingin bermain, karena melalui bermain anak akan belajar mengenai
kehidupan dan mendapatkan pengalaman yang membawa kesan menyenangkan bagi anak.
Menurut
B.E.F. Montolalu, dkk melalui bermain anak memperoleh kesempatan pengalaman
yang makin memperjelas hal-hal yang mereka pelajari di kelas atau di rumah.
Bermain juga menumbuhkan rasa ingin menyelidiki yang akan memperkaya
pengertiannya.
Melalui aktivitas bermain, berbagai
fantasinya, tujuannya dan pekerjaannya terwujud. Dan tentu saja, sebagai guru,
tujuan pembelajaran pun tercapai. Saat anak bermain, semua indera anak bekerja
aktif. Semua informasi ditangkap oleh indera anak, disampaikan ke otak sebagai
rangsangan, sehingga sel-sel otak aktif dan berkembang. Karena itu kegiatan bermain anak perlu difasilitasi oleh pendidik di
sekolah untuk mendukung agar anak menjadi aktif dan kreatif. pembelajaran pada
anak usia dini adalah pondasi pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung
tumbuh kembang anak ,oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran yang
menyenangkan bagi anak.
Salah satu sarana yang juga menjadi
sumber belajar bagi anak usia prasekolah adalah alat permainan edukatif yang
lebih dikenal dengan APE.
Alat
Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan
perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya,
serta berguna untuk : 1) Pengembangan aspek fisik, yaitu kegiatan-kegiatan yang
dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak, trediri dari motorik
kasar dan halus; 2) Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan
kalimat yang benar; 3) Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan
suara, ukuran, bentuk. Warna, dll; 4) Pengembangan aspek sosial, khususnya
dalam hubungannya dengan interaksi ibu dan anak, keluarga dan masyarakat.
Alat
permainan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak karena ketika bermain
dengan alat tersebut, anak akan mendapat masukan pengetahuan untuk diingat,
membantu memahami konsep-konsep secara alamiah tanpa dipaksakan.Anak belajar
dan menyerap apa saja yang ada dilingkungannya. Alat permainan merupakan bahan
pokok bagi anak untuk mengembangkan diri menyangkut seluruh aspek
perkembangannya.
Alat
ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan
anak atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para
penyelenggara pendidikan TK/RA dan juga para guru masih banyak yang
membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu akan
melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru dalam menyelenggarakan proses
belajar yang berkualitas bagi anak.
Berdasarkan
kerangka pemikiran yang ada bahwa alat permainan edukatif tidak mesti alat
permainan yang mahal, maka penulis berupaya mencoba mengembangkan dan membuat
sebuah APE.
Oleh karena itu
penulis ingin menciptakan alat permainan edukatif yang sesuai dengan
perkembangan usia prasekolah yaitu alat permainan edukatif pohon pintar.
B.
Sasaran
Alat permainan
edukatif pohon pintar ini
mempunyai sasaran untuk anak prasekolah yaitu 4-6 tahun, dengan harapan
dapat memberikan stimulasi pada kemampuan dasar yang dimiliki anak secara
optimal dan menyeluruh.
C.
Manfaat
Alat permainan edukatif pohon pintar ini di aplikasikan dengan
model pembelajaran kelompok kecil aktif yang berisi berbagai variasi kegiatan
bermain seraya belajar yang berpusat pada anak ( Child Oriented)
serta berbasis pada Kecerdasan Jamak (Muiltiple Intelligent).
Manfaat
dari alat permainan edukatif ini antara lain:
1. Pengembangan Moral dan Nilai Agama
Anak
belajar sabar menunggu giliran dan mengikuti aturan permainan serta berdoa
ketika hendak memulai kegiatan bermain.
2. Pengembangan
Sosial Emosional
Meliputi
pengembangan perasaan dan emosi serta pengembangan kemampuan sosial. Anak mampu
mengharagai pendapat dan bertenggang rasa juga memiliki empati.
3. Pengembangan
Bahasa
Meliputi
pengembangan bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dengan
lingkungan. Di dalam permainan anak diberi tugas untuk mengambil kartu dan
meletakan pada alat permainan edukatif pohon pintar. Pengembangan bahasa yang
diharapkan adalah anak belajar berkomunikasi, misalnya: Melakukan 2-3 perintah
memahami kata dan kalimat sederhana.
4. Pengembangan
Kognitif
Meliputi
pengembangan matematika permulaan dan sains permulaan. Pengembangan ini
mengarah pada pencapaian kecerdasan logika matematika. Anak bermain
mengelompokkan benda yang diletakan pada pohon pintar dengan cara
membilang jumlah kartu/benda yang berdasarkan warna dan ukuran, membentuk berbagai
pola serta menghitung jumlah benda.
5. Pengembangan
Fisik
Meliputi
pengembangan motorik halus (fine motor) dan motorik kasar (gross
motor) untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Hampir semua
kegiatan pohon pintar ini
mengandung unsur gerakan- gerakan yang merangsang perkembangan motorik anak.
Mulai dari mengambil kartu pada keranjang, meletakan kartu pada pohon pintar,
menggunakan koordinasi tangan dan kaki.
D.
Bahan
dan Alat
1.
Bahan
a.
Akar tumbuhan yang
sudah mati
b.
Koran
c.
Benang
d.
Kardus
e.
Kertas Manila Warna
f.
Kartu Huruf
g.
Kartu Angka
h.
Kartu Hijaiyah
2.
Alat
a.
Gunting
b.
Lem
c.
Cutter
d.
Cat
e.
Pembolong Kertas
f.
Kuas
3.
Cara Pembuatan
a.
Akar tumbuhan yang
sudah kering dibersihkan
b.
Koran dipotong menjadi
beberapa bagian dengan ukuran 4x4 cm
c.
Bentuk gambar buah pada
kertas manila warna sesuai keinginan
d.
Tempelkan kartu huruf,
kartu angka, dan kartu hijaiyah satu persatu pada gambar buah yang telah
disiapkan
e.
Kemudian kartu-kartu
yang sudah siap diberi lobang lalu dipasang benang
f.
Langkah selanjutnya
akar yang sudah dibersihkan di tutup atau dibalut dengan koran yang sudah
dipotong, dan diberi perekat. Lakukan dengan rapi sehingga menggambarkan kulit
pohon
g.
Berilah cat pada akar
yang sudah ditutup atau dibalut dengan koran
E.
Tujuan
dan Cara Menggunakan
1.
Tujuan
Pada
dasarnya tujuan dari APE pohon pintar ini adalah sebagai media pembelajaran
untuk mengenalkan huruf latin, angka, dan huruf hijaiyah dengan cara bermain
sambil belajar.
2.
Cara Menggunakan
Sebelum masuk kegiatan inti
pada kegiatan awal pendidik mengawali kegiatan dengan menunjukkan gambar keadaan
lingkungan yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan dan barang bekas, dan dilanjutkan
dengan memberikan pengetahuan dengan cara tanya jawab mengenai:
a.
Pengertian tumbuh-tumbuhan
dan bagian-bagiannya
b.
Bahaya limbah
c.
Pentingnya pemeliharaan
lingkungan
d.
Pemanfaatan limbah
Cara
Bermain:
a.
Anak di bentuk menjadi
kelompok kecil
b.
Secara bergantian anak
diperintah untuk mengambil kartu yang diletakan di keranjang
c.
Kemudian anak mengambil
kartu yang sesuai dengan perintah (kartu huruf, angka atau hijaiyah) lalu diletakkan
atau digantungkan pada APE pohon pintar dan seterusnya sampai anak yang
terakhir
3.
Fungsi permainan edukatif
pohon pintar ini adalah:
a.
Melatih motorik halus
b.
Melatih motorik kasar
c.
Mengasah kecerdasan fisik
kinestetik ( Body Smart)
d.
Menumbuhkan rasa percaya
diri
e.
Melatih daya kreasi anak
dengan menciptakan pola-pola tertentu
f.
Menumbuhkan pengembangan
sosial emosional
g.
Mengasah penguasaan
kognitif
h.
Mengasah penguasaan bahasa
F.
Kesimpulan
dan Saran
1.
Kesimpulan
Alat permainan edukatif (APE) adalah
merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber
belajar anak-anak TK agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang konkrit.
Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK
seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral.
Alat permainan edukatif memiliki
fungsi yang multiguna untuk memberi kesempatan pada anak TK memperoleh
pengetahuan baru dan memperkaya pengalamannya dengan berbagai alat permainan.
Para guru TK juga bisa merancang dan membuat Alat permaian edukatif,
menggunakan kreasi dan inovasi sendiri dengan berprinsip pada pembentukan
karakter dan unsur edukatif bagi anak didik.
2.
Saran
Para
guru diharapkan dapat berkreasi dan berinovasi membuat alat permainan edukatif
sendiri untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia prasekolah demi
memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa.
DAFTAR PUSTAKA
B.E.F. Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta:
Universitas Terbuka
0 komentar