Makalah : Pohon Pintar APE Guru Berprestasi

2/25/2016



MAKALAH

POHON PINTAR APE GURU BERPRESTASI

Oleh : Suprihatin, S.Pd.I, S.PAUD

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, Segala puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga terselesaikannya makalah ini. Tidak lupa sholawat dan salam kami sampaikan kepada nabi besar kita Muhammad SAW beserta kaum kerabat, dan pengikutnya yang setia sampai akhir zaman. Amiin
Tidak lupa penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah karya inovatif  ini, diantaranya:
1.        Kepala Seksi Madrasah Kabupaten Banjarnegara
2.        Pengawas RA/MI Kecamatan Punggelan
3.        Kepala RA Al Fatah 2 Danakerta
4.        Semua Guru RA Al Fatah 2 Danakerta
5.        Serta semua pihak yang terlibat dalam membantu penulis menyelesaikan makalah karya inovatif  ini.
Penulis menyadari bahwa makalah karya inovatif ini masih jauh dari sempurna, maka kritik dan saran demi baiknya makalah ini sangat penulis harapkan. Semoga makalah karya inovatif ini dapat memberikan manfaat sekaligus meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Raudhatul Athfal (RA).

Punggelan, 17 Mei 2013



     Suprihatin
Penulis

DAFTAR ISI


Halaman

HALAMAN JUDUL ...............................................................................         i
LEMBAR PERNYATAAN.....................................................................        ii
LEMBAR PENGESAHAN ....................................................................       iii
LEMBAR PERNYATAAN PETUGAS PERPUSTAKAAN................       iv
KATA PENGANTAR .............................................................................        v
DAFTAR ISI ............................................................................................       vi

A.      Latar Belakang Masalah ................................................................        1
B.       Sasaran..............................................................................................        2
C.       Manfaat ............................................................................................                 2
D.      Bahan dan Alat ................................................................................        4
E.       Tujuan dan Cara Menggunakan ....................................................        5
F.        Kesimpulan dan Saran ...................................................................        6

DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................        7
LAMPIRAN .............................................................................................        8



ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON PINTAR
UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI


A.      Latar Belakang
Kehidupan anak selalu dekat dengan dunia bermain sejak bangun tidur sampai tidur kembali anak hanya ingin bermain, karena melalui bermain anak akan belajar mengenai kehidupan dan mendapatkan pengalaman yang membawa kesan menyenangkan bagi anak.
Menurut B.E.F. Montolalu, dkk melalui bermain anak memperoleh kesempatan pengalaman yang makin memperjelas hal-hal yang mereka pelajari di kelas atau di rumah. Bermain juga menumbuhkan rasa ingin menyelidiki yang akan memperkaya pengertiannya.
Melalui aktivitas bermain, berbagai fantasinya, tujuannya dan pekerjaannya terwujud. Dan tentu saja, sebagai guru, tujuan pembelajaran pun tercapai. Saat anak bermain, semua indera anak bekerja aktif. Semua informasi ditangkap oleh indera anak, disampaikan ke otak sebagai rangsangan, sehingga sel-sel otak aktif dan berkembang. Karena itu kegiatan bermain anak perlu difasilitasi oleh pendidik di sekolah untuk mendukung agar anak menjadi aktif dan kreatif. pembelajaran pada anak usia dini adalah pondasi pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak ,oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.
Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak usia prasekolah adalah alat permainan edukatif yang lebih dikenal dengan APE. 
Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya, serta berguna untuk : 1) Pengembangan aspek fisik, yaitu kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak, trediri dari motorik kasar dan halus; 2) Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar; 3) Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk. Warna, dll; 4) Pengembangan aspek sosial, khususnya dalam hubungannya dengan interaksi ibu dan anak, keluarga dan masyarakat.
 Alat permainan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak karena ketika bermain dengan alat tersebut, anak akan mendapat masukan pengetahuan untuk diingat, membantu memahami konsep-konsep secara alamiah tanpa dipaksakan.Anak belajar dan menyerap apa saja yang ada dilingkungannya. Alat permainan merupakan bahan pokok bagi anak untuk mengembangkan diri menyangkut seluruh aspek perkembangannya.
Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak  atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara pendidikan TK/RA dan juga para guru masih banyak yang  membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak.
Berdasarkan kerangka pemikiran yang ada bahwa alat permainan edukatif tidak mesti alat permainan yang mahal, maka penulis berupaya mencoba mengembangkan dan membuat sebuah APE.
Oleh karena itu penulis ingin menciptakan alat permainan edukatif yang sesuai dengan perkembangan usia prasekolah yaitu alat permainan edukatif pohon pintar.

B.       Sasaran
Alat permainan edukatif  pohon pintar  ini mempunyai sasaran untuk anak prasekolah yaitu 4-6 tahun, dengan harapan dapat memberikan stimulasi pada kemampuan dasar yang dimiliki anak secara optimal dan menyeluruh.
C.      Manfaat
Alat permainan edukatif  pohon pintar ini di aplikasikan dengan model pembelajaran kelompok kecil aktif yang berisi berbagai variasi kegiatan bermain seraya belajar yang berpusat pada anak ( Child Oriented)  serta berbasis pada Kecerdasan Jamak (Muiltiple Intelligent).
Manfaat dari alat permainan edukatif ini antara lain:
1.    Pengembangan Moral dan Nilai Agama
 Anak belajar sabar menunggu giliran dan mengikuti aturan permainan serta berdoa ketika hendak memulai kegiatan bermain.

2.    Pengembangan Sosial Emosional
Meliputi pengembangan perasaan dan emosi serta pengembangan kemampuan sosial. Anak mampu mengharagai pendapat dan bertenggang rasa juga memiliki empati.

3.    Pengembangan Bahasa
Meliputi pengembangan bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dengan lingkungan. Di dalam permainan anak diberi tugas untuk mengambil kartu dan meletakan pada alat permainan edukatif pohon pintar. Pengembangan bahasa yang diharapkan adalah anak belajar berkomunikasi, misalnya: Melakukan 2-3 perintah memahami kata dan kalimat sederhana.

4.    Pengembangan Kognitif
Meliputi pengembangan matematika permulaan dan sains permulaan. Pengembangan ini mengarah pada pencapaian kecerdasan logika matematika. Anak bermain mengelompokkan benda yang diletakan pada pohon pintar dengan cara membilang jumlah kartu/benda yang berdasarkan warna dan ukuran, membentuk berbagai pola serta menghitung jumlah benda.

5.    Pengembangan Fisik
Meliputi pengembangan motorik halus (fine motor) dan motorik kasar (gross motor) untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Hampir semua kegiatan pohon pintar ini mengandung unsur gerakan- gerakan yang merangsang perkembangan motorik anak. Mulai dari mengambil kartu pada keranjang, meletakan kartu pada pohon pintar, menggunakan koordinasi tangan dan kaki.

D.      Bahan dan Alat
1.        Bahan
a.        Akar tumbuhan yang sudah mati
b.        Koran
c.        Benang
d.        Kardus
e.        Kertas Manila Warna
f.         Kartu Huruf
g.        Kartu Angka
h.        Kartu Hijaiyah

2.        Alat
a.        Gunting
b.        Lem
c.        Cutter
d.        Cat
e.        Pembolong Kertas
f.         Kuas

3.        Cara Pembuatan
a.        Akar tumbuhan yang sudah kering dibersihkan
b.        Koran dipotong menjadi beberapa bagian dengan ukuran 4x4 cm
c.        Bentuk gambar buah pada kertas manila warna sesuai keinginan
d.        Tempelkan kartu huruf, kartu angka, dan kartu hijaiyah satu persatu pada gambar buah yang telah disiapkan
e.        Kemudian kartu-kartu yang sudah siap diberi lobang lalu dipasang benang
f.         Langkah selanjutnya akar yang sudah dibersihkan di tutup atau dibalut dengan koran yang sudah dipotong, dan diberi perekat. Lakukan dengan rapi sehingga menggambarkan kulit pohon
g.        Berilah cat pada akar yang sudah ditutup atau dibalut dengan koran

E.       Tujuan dan Cara Menggunakan
1.        Tujuan
Pada dasarnya tujuan dari APE pohon pintar ini adalah sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan huruf latin, angka, dan huruf hijaiyah dengan cara bermain sambil belajar.

2.        Cara Menggunakan
Sebelum masuk kegiatan inti pada kegiatan awal pendidik mengawali kegiatan dengan menunjukkan gambar keadaan lingkungan yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan dan barang bekas, dan dilanjutkan dengan memberikan pengetahuan dengan cara tanya jawab mengenai:
a.      Pengertian tumbuh-tumbuhan dan bagian-bagiannya
b.      Bahaya limbah
c.      Pentingnya pemeliharaan lingkungan
d.      Pemanfaatan limbah

Cara Bermain:
a.        Anak di bentuk menjadi kelompok kecil
b.        Secara bergantian anak diperintah untuk mengambil kartu yang diletakan di keranjang
c.        Kemudian anak mengambil kartu yang sesuai dengan perintah (kartu huruf, angka atau hijaiyah) lalu diletakkan atau digantungkan pada APE pohon pintar dan seterusnya sampai anak yang terakhir

3.        Fungsi permainan edukatif pohon pintar ini adalah:
a.        Melatih motorik halus
b.        Melatih motorik kasar
c.        Mengasah kecerdasan fisik kinestetik ( Body Smart)
d.        Menumbuhkan rasa percaya diri
e.        Melatih daya kreasi anak dengan menciptakan pola-pola tertentu
f.         Menumbuhkan pengembangan sosial emosional
g.        Mengasah penguasaan kognitif
h.        Mengasah penguasaan bahasa

F.       Kesimpulan dan Saran
1.        Kesimpulan
Alat permainan edukatif (APE) adalah merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar anak-anak TK agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang konkrit. Pengalaman ini akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK seperti aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa, kognitif dan moral.
Alat permainan edukatif memiliki fungsi yang multiguna untuk memberi kesempatan pada anak TK memperoleh pengetahuan baru dan memperkaya pengalamannya dengan berbagai alat permainan. Para guru TK juga bisa merancang dan membuat Alat permaian edukatif, menggunakan kreasi dan inovasi sendiri dengan berprinsip pada pembentukan karakter dan unsur edukatif bagi anak didik.
2.        Saran
Para guru diharapkan dapat berkreasi dan berinovasi membuat alat permainan edukatif sendiri untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia prasekolah demi memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa.


DAFTAR PUSTAKA




B.E.F. Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar