Karya Inovasi Media Pohon Pintar
11/16/2016
Cara
Penggunaan Media Pohon Pintar
Pelaksanaan pembelajaran membilang
melalui media pohon pintar secara individu dengan praktek langsung dan
pemberian tugas, Adapun cara penyajiannya pada tiap-tiap indikator adalah sebagai berikut :
1)
Mampu menyebutkan urutan bilangan
1-10
1.1) Guru menyiapkan
media yang akan dipergunakan
1.2) Guru memperkenalkan
permainan membilang menggunakan media pohon pintar
1.3) Guru
menjelaskan cara menggunakannya dan menetapkan aturan. Adapun cara dan
aturannya adalah : Anak di suruh menghitung jumlah buah yang ada di pohon,
kemudian anak diminta menekan tombol satu persatu sampai buahnya terjatuh, anak
diminta kembali menghitung jumlah buah yang jatuh
2)
Mampu membilang (mengenal konsep
bilangan) dengan benda-benda dari 1-10
2.1) Guru menyiapkan
media yang akan dipergunakan
2.2) Guru
memperkenalkan permainan membilang menggunakan media pohon pintar
2.3) Guru
menjelaskan cara menggunakannya dan menetapkan aturan. Adapun cara dan
aturannya adalah : Anak di suruh mengambil gambar buah dan membilangnya,
kemudian mengatakan kepada guru berapa jumlah gambar buahnya, dan kemudian anak
menekan tombol pada buah pintar, anak menjatuhkan buahnya sesuai dengan jumlah
gambar yang tadi disebutkan.
3)
Mampu menghubungkan konsep bilangan
sama dan tidak sama, lebih dan kurang, banyak dan sedikit
3.1) Guru menyiapkan
media yang akan dipergunakan
3.2) Guru
memperkenalkan permainan membilang menggunakan media pohon pintar
3.3) Guru
menjelaskan cara menggunakannya dan menetapkan aturan. Adapun cara dan
aturannya adalah : Anak di suruh menjatuhkan buah sesuai dengan perintah,
dengan cara menekan tombol yang sudah tersedia, kemudian anak di suruh
membilang buah yang jatuh dan buah yang masih di pohon. Anak diminta
membandingkan mana yang lebih banyak dan yang lebih sedikit
4)
Mengenal penambahan dan pengurangan
1-10 dengan menggunakan benda-benda
4.1) Guru menyiapkan
media yang akan dipergunakan
4.2) Guru
memperkenalkan permainan membilang menggunakan media pohon pintar
4.3) Guru
menjelaskan cara menggunakannya dan menetapkan aturan. Adapun cara dan
aturannya adalah : Anak di suruh menghitung buah yang ada di pohon, kemudian di
minta untuk menjatuhkan beberapa buah, anak menghitung berapa sisa buah yang
tidak jatuh, anak diminta kembali untuk menyebutkan hasilnya.
4.4) Anak di suruh menghitung
buah yang sudah terpasang pada pohon, minta anak untuk memasangkan beberapa
buah, kemudian minta anak untuk menghitung seluruh jumlah buah yang sudah
terpasang.
2 komentar
Krestif
BalasHapusKreatif
BalasHapus